TIME TABLE vs TIME LINE

Pribadi vs Sosial

SOSIOMETRI

Pengertian

Sosiometri adalah alat yang digunakan untuk meneliti struktur sosial sekelompok individu dengan dasar penelaahan terhadap relasi sosial, status sosial dari masing-masing anggota kelompok yang bersangkutan. Sosiometri dapat juga dikatakan sebagai alat yang dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang dinamika kelompok, selain itu dapat juga dipergunakan untuk mengetahui popularitas seseorang dalam kelompoknya serta untuk meneliti kesulitan hubungan seseorang terhadap teman-temannya dalam kelompok, baik dalam kegiatan belajar, bermain, bekerja dan kegiatan-kegiatan kelompok lainnya.

Kegunaan lebih lanjut dari teknik sosiometri ini ialah:

  1. Untuk memperbaiki hubungan insani (human relationship).
  2. Untuk menentukan kelompok kerja tertentu.
  3. Untuk meneliti kemampuan memimpin seseorang dalam kelompok pada suatu kegiatan tertentu.
  4. Untuk mengatur tempat duduk di dalam kelas.
  5. Untk mengetahui kekompakan dan perpecahan anggota kelompok.

Proses pembuatan sosiometri dilakukan dengan jalan memita kepada setiap individu dalam kelompok untuk memilih anggota kelompok lainnya (tiga orang) yang disenangi atau tidak disenangi dalam bekerjasama, yang masing-masing nama yang paling disenangi atau paling tidak disenangi. Atas dasar saling pilih antara anggota kelompok inilah dapat diketahui banyak tidaknya seseorang individu dipilih oleh anggota kelompoknya, bentuk-bentuk hubungan dalam kelompok, kepopuleran dan keterasingan individu.

Beberapa hal yang perlu diingat dalam melancarkan sosiometri:

  1. Sebelum dilancarkan hendaknya petugas berusaha menciptakan hubngan baik dengan kelompok.
  2. Petunjuk diberikan dengan jelas.
  3. Diterapkan maksud pelancaran sosiometri.
  4. Sosiometri hendaknya diselenggarakan dalam kondisi dimana siswa tidak saling mengetahui jawabannya.
  5. Petugas harus menyadari bahwa pilihan individu merupakan informasi yang bersifat rahasia.
  6. Individu harus saling mengenal.
  7. Langkah-langkah penyelenggaraan sosiometri

Persiapan

  1. Menentukan kelompok siswa yang diselidiki.
  2. Memberikan informasi tertentu tentang tujuan diselenggarakannya sosiometri.
  3. Mempersiapkan angket sosiometri kartu pilihan sosiometri.

Pelaksanaan

  1. Membagikan dan mengisi angket sosiometri.
  2. Mengumpulkan kembali dan memeriksa apakah pengisian angke sudah benar.

Analisis Hasil

Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam analisis hasil sosiometri, yaitu:

  1. Memeriksa hasil angket sosiometri.
  2. Mengadakan tabulasi dan membuat matrik sosiometri.
  3. Membuat sosiogram.
  4. Membuat indeks pemilihan yakni indeks pemilihan dibuat dengan rumus:

i.p. = Jumlah yang memilih

n-1

keterangan :

i.p = indeks pemilihan

n = jumlah anggota dalam kelompok

  1. Membuat laporan hasil analisis sosiometri.

Berikut ini merupakan langkah hasil analisis sosiometri:

  1. Daftar isian sosiometri

Langkah pertama dalam analisis sosiometri adalah memeriksa angket sosiometri. Berikut ini contoh pengisian angket sosiometri:

DAFTAR ISIAN SOSIOMETRI

Nama               :                                                                                               L/P

Kelas               :

Tanggal           :

Kriterium         : Untuk kegiatan Belajar Kelompok

Pilihan I           :

Alasan             :

Pilihan II         :

Alasan             :

 

 

DAFTAR ISIAN SOSIOMETRI

Nama               :                                                                                   L/P

Umur               :

Alamat                        :

Isilah titik-titik di bawah ini dengan sejujur-jujurnya:

1)      Pilihlih 3 (tiga) orang teman anda dalam kelas ini yang anda senangi untuk diajak belajar bersama:

  1. ……………………………..…alasannya……………………………….
  2. ……………………………..…alasannya……………………………….
  3. ……………………………..…alasannya……………………………….

2)      Pilihlah seseorang teman anda yang paling anda senangi untuk menjadi ketua kelompok beajar:

……………………………..…alasannya……………………………….

3)      Pilihlah teman anda yang paling anda senangi untuk menjadi ketua kelas:

……………………………..…alasannya……………………………….

4)      Pilihlah 3 (tiga) orang teman anda dalam kelas ini yang anda senangi untuk diajak bersama (misalnya : kesenian, olah raga dan lain-lain)

  1. ……………………………..…alasannya……………………………….
  2. ……………………………..…alasannya……………………………….
  3. ……………………………..…alasannya……………………………….

5)      Pilihlah 3 (tiga) orang teman anda dalam kelas ini yang kurang anda senangi:

  1. ……………………………..…alasannya……………………………….
  2. ……………………………..…alasannya……………………………….
  3. ……………………………..…alasannya……………………………….

6)      Pilihlah seseorang teman anda dalam kelas ini yang paling tidak anda senangi:

……………………………..…alasannya……………………………….

 

 

 

 

  1. Matrik sosiometri

Data yang diperoleh dari angket sosiometri dirangkum dalam metric sosiometri, yaitu suatu table yang berisi nama pemilih, nama yang dipilih beserta urutan pilihan dan jumlah pilihannya.

MATRIK SOSIOMETRI

YANG DIPILIH

PEMILIH

 A

B

C

 D

E

 A

X

1

-

3

2

 B

1

X

2

3

-

 C

1

2

X

-

3

D

2

1

3

X

-

E

1

2

3

-

X

Pilihan I

3

2

-

-

-

Pilihan II

1

2

1

-

1

Pilihan III

-

-

2

2

1

Jumlah (f)

11

10

4

2

3

 

  1. Sosiogram

Sosiogram adalah penggambaran hubungan sosial dalam bentuk bagan. Sosiogram dibuat berdasarkan pada data matrik sosiometri, yang dapat dipakai untuk melihat hubungan sosial sevara keseluruhan. Sosiogram dapat dibuat dalam bentuk lajur, lingkaran atau bentk bebas. Dari sosiogram dapat diketahui dengan jelas tentang:

  1. Status sosiometri dari data subyek:
  2. Status pemilihan.
  3. Status penolakan.
  4. Status pemilihan dan penolakan.
    1. Besarnya jumlah pemilih untuk setiap subyek.
    2. Arah pilihan dari dan terhadap individu tertentu.
    3. Kualitas arah pilihan.
    4. Intensitas pilihan.
    5. Ada dan tidaknya pusat pilihan.
    6. Ada tidaknya isolasi.
    7. Kecenderungan timbulnya kelompok.

Cara membuat sosiogram:

  1. Buat sumbu ordinat dan dibuat skala yang mencakup frekuensi pemilihan terbanyak.
  2. Letakan setiap individu setinggi frekuensi pemilih y yang diperoleh. Misalnya A pemilihannya 5 angka maka A diletakan pada garis yang setinggi frekuensi 5.
  3. Buat garis pilihan yang ditandai dengan panah

 

A   →       B berarti  A memilih B

A   ↔       B berarti A dan B saling memilih

A   —>     B berarti A menolak B

A   <–>    B berarti A menolah B, dan B menolak A

A   ↔       B berarti A memilih B, dan B menolak A

 

Berbentuk bntang (star). Bila pusat A tidak ada maka kelompok akan bubar, karena hubungan kurang menyeluruh.

Berbentuk jala (network). Hubungan cukup menyeluruh, baik, kuat dan hilangnya seseorang tidak akan membuat kelompoknya buba. Hubungan ini mempunyai intensitas cukup kuat.

  1. A→B→C→D

Berbentuk rantai (chain). Hubungan searah atau sepihal, tidak menyeluruh, kelompok demikian ini keadaannya rapuh.

 

4. Indeks Pemilihan

Kesimpulan secara umum diperoleh bahwa A adalah anak yang paling populer dalam kelompok tersebut, dengan mendapat jumlah pemilihn 4 terdiri atas 3 pilihan pertama dan 1 pilihan kedua. Dengan demikian tingkat popularitas A dalam kelompok dapat dicari melalui penghitungan indeks pemilihan, yaitu :

4

i . p = ——– = 1

5 – 1

 

jadi indeks pemilihan untuk A = 1. berarti semua anggota kelompok memilih A.

Dari antara kelima anggota kelompok tidak ada yang terisolir, dapat dilihat lagi pada osiogram.

Pada sosiogram juga tampak tiga pasang anak yang saling memilih, yaitu : untuk pilihan pertama, A – B : untuk pilihan kedua B , sedang untuk pilihan ketiga, C – E. Disamping itu ada dua buah klik yang mencolok yaitu : A-C-D dan A-B-E yang saling memilih triangle.

Berdasar pada tujuan sosiometri yaitu membentuk kelompok belajar maka ada beberapa alternasi yang dipertimbangkan untuk pembuatan kelompok belajar ini, disamping juga perlu dipertimbangkan dengan alasan setiap pilihan. Misalnya

Kelompok I   : A-B-C

Kelompok II  : C-D-B

Kelompok III : C-B-E

 

 

5. Membuat laporan hasil analisis sosiometri.

Untuk mencatat data sosiometri secara individual maka dapat digunakan kartu sosiometri untuk setiap siswa dan kartu sosiometri ini disimpan dalam kartu pribadi.

KARTU SOSIOMETRI

 

 

No………………………………………..nama Siswa…………………………..L / P

Kegiatan                                                         : belajar kelompok

Jumlah siswa                                                : 5 orang

Dipilih Oleh                                    : 1…………..    3…………..

2…………..    4…………..

jumlah pemilih                                             : 4 orang

Indeks pemilih                                             : 1 orang

Teman yang dipilih                                     : I………………………

II……………………..

III……………………

Komentar                                                      : …………………………

………………………….

 

 

About these ads

Filed under: Education, Go To Campus, SEMESTER 3, SEMESTER 5, SEMESTER 6, Uncategorized,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

TIME TABLE vs TIME LINE

Pribadi vs Sosial

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: